Nama Anggota :
1. Berdiyanto Widiyastomo (11112334)
2. Dwika Praja Wibawa (12112319)
3. Fazal Alianzah Pane (12112836)
4. Luthfi Dimas Saputra (14112284)
5. Nur Hudha Haksono (15112461)
6. Sukmawan (17112189)
I.
Latar Belakang Aplikasi
Uber adalah perusahaan
rintisan dan perusahaan jaringan transportasi asal San
Francisco, California, yang menciptakan aplikasi bergerak yang menghubungkan penumpang dengan sopir kendaraan
sewaan serta layanan tumpangan. Perusahaan ini mengatur layanan penjemputan
di berbagai kota di seluruh dunia. Mobil dapat dipesan dengan mengirim pesan
teks atau memakai aplikasi bergerak khusus—pilihan terakhir juga bisa digunakan
untuk melacak lokasi mobil pesanan pengguna.
Awalnya, para sopir
Uber menggunakan mobil Lincoln Town Car, Cadillac Escalade, BMW 7 Series, dan Mercedes-Benz S550. Setelah 2012, Uber meluncurkan UberX, yaitu
pengayaan jenis mobil agar terjangkau oleh berbagai lapisan masyarakat. Pada
tahun 2012 , Uber mengumumkan rencana perluasan operasinya yang mencakup tumpangan menggunakan taksi.
Bulan Juni 2014,
Uber mengakhiri periode pendanaan yang menaikkan nilai perusahaan menjadi
US$18,2 miliar. Meski Uber belum merilis nama-nama investornya, Fidelity Investments diduga-duga merupakan investor
terbesarnya. Per Agustus 2014, perusahaan ini masih terlibat gugatan di
beberapa wilayah hukum dengan tuduhan operasi taksi ilegal.
II.
Tujuan Pembuatan Aplikasi
Adapun sebuah tujuan aplikasi ini dibuat adalah
sebagai alat bantu kita dalam memenuhi kebutuhan
transportasi privat di dalam kota. Disini yang saya garis bawahi
adalah aplikasi dan privat.
III.
Konsep Pembuatan Aplikasi
Konsep yang digunakan dalam pembuatan
aplikasi Uber Taxi ini adalah dengan menggunakan pendekatan metode SDLC (
System Development Life Cycle ) , konsep ini dikembangakn melalui beberapa
tahap sebagai berikut:
- Perencanaan
- Melakukan
pengambilan/pengumpulan data
- Melakukan
identifikasi masalah
- Analisa permasalahan
- Perancangan
Pada
tahap ini melakukan perancangan struktur navigasi, perancangan input output dan
perancangan tampilan aplikasi Uber Taxi.
- Implementasi
Membuat
serta memberikan sentuhan terakhirnya dengan pengisian kode program yang
sebelumnya tertera pada perancangan input output aplikasi
- Uji Coba Aplikasi
Tahap
ini merupakan tahap uji coba program yang dihasilkan dari tahap implementasi
untuk mengetahui apakah fungsionalitasnya terpenuhi dan sesuai dengan rancangan
dasar penelitian.
IV.
Kerangka Pikir
Kerangka piker
disini adalah efek sebelum dan sesudah penggunaan aplikasi yang di buat
terdapat 2 object yaitu pemakai aplikasi (Penumpang) dan taxi itu sendiri ,
sebelumnya penumpang belum menggunakan aplikasi dia harus memesan taxi lewat
pinggir jalan ataupun di pull taxi , tapi setelah menggunakan aplikasi pengguna
hanya menggunakan aplikasi dimana saja dan kapan saja untuk memesannya selain
itu pengguna juga dapat kemudahan Karen sang driver Uber juga menjemput
ketempat dia memesan taxi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar