Minggu, 27 Oktober 2013

Pengalaman dalam Berorganisasi



Pengalaman dalam Berorganisasi

Sebelum kita membahas Pengalaman saya dalam berorganisasi alangkah baiknya jika kita mengenal apa itu Organisasi, Organisasi adalah sekelompok manusia (dua atau lebih) yang secara formal dipersatukan dengan mempunyai visi dan misi dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Saya dulu bersekolah di SMKN 1 Bojonggede jurusan Akuntansi tepatnya didaerah bojonggede kabupaten bogor. Disekolah saya pada angkatan 2009, Akuntansi terdapat 2 kelas yaitu AK1 dan AK2 , kelas dibagi berdasarkan random atau yang kita kenal dengan “diacak”. Lalu saya mendapatkan sebuah kelas yang bernama 10 AK 2 , 10 AK 2 yang melambangkan arti kelas 10 Akuntansi 2, lalu saya bertemu dengan teman-teman baru saya , kelas tersebut merupakan kelas yang sudah tetap dan tidak dapat pindah ke kelas yang lain,2 minggu saya berbaur dengan teman kelas saya, cukup asik dan sangat mengesankan, dibentuklah sebuah struktur organisasi yang dipilih oleh masing-masing siswa kelas tersebut,  penunjukkan organisasi kelas dengan cara memilih kandidat yang telah ditunjuk oleh anggota kelas dan tujuannya agar ada yang memimpin dan mengatur kelas dan menjalin kerjasama satu sama lain, organisasi tersebut terdiri dari : Ketua kelas, Wakil kelas, Sekretaris kelas, bendahara kelas, Humas kelas serta beberapa bagian seksi-seksi kelas. Namun waktu saya kelas 10 belum dipercaya untuk dijadikan anggota organisasi dalam kelas.

Jabatan dan Job Dekripsi
 

1. Singkat cerita setahun sudah saya menjalani sekolah dengan teman-teman kelas dan akhirnya saya naik kelas 11 AK 2 yaitu kelas 2 dalam SMK, kemudian dalam kelas pun terjadi pemungutan suara kembali untuk organisasi kelas 11 dan setiap anggota atau siswa kelas AK2 wajib untuk memilih . walaupun saya belum pernah mengikuti organisasi apapun sewaktu smp , saya ditunjuk menjadi Ketua Bagian Kebersihan kelas dalam organisasi kelas , saya dipercaya oleh teman-teman saya menjadi ketua kebersihan kelas karena rumah saya dekat dengan SMK saya oleh karena itu saya selalu masuk lebih pagi dari temen-teman kelas. Tugas yang dilakukan dalam bagian Kebersihan adalah selalu menjaga kebersihan dan mengawasi setiap hari masuk sekolah yaitu : senin sampai sabtu , saya membuat dan mengkoordinasikan teman-teman saya dengan membagi tugas setiap harinya dalam Jadwal Piket , saya dan teman-teman saya yang masuk dalam jadwal piket harian wajib membersihkan kelas setiap harinya. Kebersihan kelas harus tetap terjaga karena ini juga menyangkut kepercayaan teman-teman saya terhadap saya, karena kalau kelas banyak sampah dan banyak kotoran, nama saya yang akan tercoreng oleh guru-guru disekolah dan kelas saya akan dicap kelas kotor. Banyak sekali nilai positif yang saya dapat dalam hal memperbaiki diri saya dimulai dari disiplin, menjaga kebersihan dan rajin masuk kelas yang pagi. 

2. Tidak terasa saya sudah menginjak setahun lamanya sudah menjadi ketua bagian kebersihan , dan saya pun sudah kelas 12 AK 2 , tingkat akhir yaitu kelas 12 diadakan lagi pemilihan struktur organisasi, dan nama saya masuk dalam urutan, saya pun dipilih menjadi Humas kelas oleh teman-teman saya. Disini tugas saya adalah memberikan berbagai informasi kepada teman-teman saya bila ada guru yang hadir atau tidak hadir dalam jam pelajaran, jika ada tugas atau tidak juga itu termasuk tugas saya. jika guru belum masuk kelas pada saat jam pelajaran, saya langsung cepat ke ruang guru untuk mengetahui informasi dan menanyakan guru tersebut dan apakah ada tugas atau tidak . di bagian humas kelas terdapat nilai positif, yaitu bisa mendekatkan diri untuk mengenalkan saya kepada guru-guru dikelas, jadi guru di sekolah saya akan mengenal saya. Jika saya rajin masuk pun akan dikasih nilai tambahan oleh guru yang saya kenal . dan sekarang saya pun sudah lulus dari SMK tersebut dan sudah masuk dalam dunia perkuliahan.. singkat serita pengalaman saya dalam berorganisasi dalam kelas, berorganisasi mempunyai banyak manfaat selain itu juga kita dilatih untuk melakukan berbagai kerjasama dan mengatur secara real life. apabila ada kekurangan mohon dimaafkan .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar