Hal-Hal yang harus diperhatikan dalam Game Maker Language
Apakah yang dimaksud
dengan game maker language ? Game maker language (gml), adalah sebuah bahasa pemrograman yang dibuat
oleh Mark Overmars sebagai bahasa penunjang untuk software buatannya yaitu : game
maker. Game maker language ini mampu memberikan akses bagi para pembuat game (baik pemula atau yang sudah mahir ) untuk membuat serta mengembangkan game buatannya
sendiri dengan cepat dan cepat.
Pada tutorial game maker kali ini kita akan mempelajari mengenai hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat sebuah script ( kode / perintah ) dengan menggunakan gml tersebut.
Pada dasarnya, hal-hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan script gml ini sangatlah sederhana, yaitu :
Pada tutorial game maker kali ini kita akan mempelajari mengenai hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat sebuah script ( kode / perintah ) dengan menggunakan gml tersebut.
Pada dasarnya, hal-hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan script gml ini sangatlah sederhana, yaitu :
- Pemberian nama pada resources ( sprites, sounds, objects, dll)
Ini merupakan salah satu
hal yang harus kita perhatikan pada pemberian nama untuk resources, yang nantinya akan
kita gunakan dalam script gml ini haruslah memenuhi peraturan yang sudah ditetapkan. Dalam
pemberian nama yang tepat. Misalnya : Huruf pertama untuk setiap resources haruslah
diawali dengan huruf ( a - z ), dengan kata lain ini resources tidak boleh
diawali oleh angka ( 0-9 ).
Nama sebuah resources tidak boleh ada spasi, sehingga untuk tanda spasi kita bisa menggantinya dengan menggunakan underscore ( _ ). Nama sebuah resources hanya boleh menggunakan huruf ( a-z), angka ( 0-9) serta underscore ( _ ), sehingga tidak diperbolehkan untuk menggunakan special character seperti tanda seru ( ! ) ataupun tanda tanya ( ? ) , dll.
- Hindari penggunaan Reserved word
Reserved word adalah
sekelompok kata dalam bahasa pemrograman yang telah memiliki arti tertentu.
Dibawah ini merupakan contoh kata-kata yang tergolong reserved words :
- If
- For
- While
- Continue.
- Exp
- Global
- Ceil, dll.
Jika
kita mencermati pernyataan-pernyataan diatas secara teliti, kita bisa
menyimpulkan bahwa ternyata hal-hal yang harus kita perhatikan sebenarnya
sangatlah sederhana. Kita tidak perlu terlalu pusing untuk memberikan nama
dalam resources, hanya saja yang terpenting adalah nama yang kita berikan
tersebut mudah dipahami dan mudah diiingat oleh kita.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar