Sabtu, 15 November 2014

Standar Proteksi IP58 dan IP68 pada Smartphone.


Standar Proteksi IP58 dan IP68 pada Smartphone.




        Sebelum mengenal lebih jauh tentang IP, apa sih IP itu ? IP adalah kepanjangan dari International Protection, bukan berarti IP pada teknologi smartphhone adalah IP Address ya.  IP CODE merupakan penandaan dengan kode tertentu menjadi IPXX. Ini merupakan standar yang dibuat oleh badan IEC (International Electrotechnical Commission) dengan nama IEC Standard 529/60529.

Standar ini tidak asal disertifikasi oleh produsen smartphone dan tablet itu sendiri, tetapi harus di uji sertifikasi oleh badan tertentu yang menurut IEC dipandang layak dan pantas mengesahkan. Ini erat kaitannya dengan Quality Control (kontrol kualitas). Untuk smartphone dan Tablet, salah tiganya kita jumpai standar proteksi IP 58 dan IP 68 pada SONY derta IP67 pada ponsel besutan Samsung.

Apa arti dari IP 58 dan IP 68?

         Perlindungan komponen penting dalam ruang (misal di smartphone adalah Optik Kamera dan Chipset) terhadap masuknya kotoran atau terhadap masuknya air didefinisikan dalam IEC529 (BSEN60529: 1991). Semua metode perlindungan kemudian didefinisikan sebagai standar, dan berikutnya berlabel “certified”.

Standar dengan label “certified” ini diperuntukkan untuk bidang rekayasa teknik, umumnya perusahaan pembuat produk elektrikal, elektronika, mesin dan lain-lain yang secara sengaja di desain menggunakan perlindungan dari benda padat dan cair. Semua perusahaan ini harus mengikuti aturan yang ada di IEC 529. Standar ini juga ditemukan di perusahaan yang membuat perangkat elektronik mobile, khususnya smartphone dan tablet.

Standar penulisan yang menunjukkan adanya perlindungan, paling sering dinyatakan sebagai ‘IP’ diikuti oleh dua angka IPXX, misalnya IP65, di mana angka-angka menentukan tingkat perlindungan. Digit pertama menunjukkan sejauh mana peralatan dilindungi terhadap partikel, angka kedua menunjukkan tingkat perlindungan terhadap air.

Kata-kata dalam tabel dibawah ini tidak persis seperti yang digunakan dalam dokumen standar, tetapi bisa mewakili secara “sederhana”.



jadi ketika kita mendapatkan komponen komputer dan elektronik yang tertulis “IP58″ ataupun “IP68″ itu mempunyai arti sesuai dengan tabel diatas.

IP57, berarti; angka pertama “5” komponen terlindungi dari debu dan angka kedua “7” komponen terlindungi dari perendaman air dengan batasan 0,1 sampai 1 meter. Sehingga IP57 berarti anti debu dan anti air dengan kedalaman maksimal 1 meter. Walaupun ada batasan 1 meter untuk kedalaman maksimal, ini bisa saja lebih. IP58, lebih bagus lagi, ini berarti terlindungi dari debu dan perendaman air tanpa ada batasan waktu dan kedalaman. IP68, yang paling bagus, ini berarti terlindung dari debu ketat dan perendaman air tanpa ada batasan kedalaman dan waktu.

       Walaupun terlihat tanpa batasan waktu dan kedalaman, tentu proteksi ini ada batasnya, terutama menyangkut kualitas/daya tahan dari karet yang dipakai untuk penyekat, hanya saja mungkin belum ditemui kasus smartphone terendam selama berbulan-bulan dan pada kedalaman hingga puluhan meter .

         Khusus untuk perendaman air pada kode kedua 7 dan 8, mungkin akan membingungkan ketika kita menemui IP57, IP67, IP58 dan IP68 tetapi dengan batasan tertentu sampai 30 menit. Ya, ukuran waktu 30 menit merupakan kebijakan dari perusahaan elektronik untuk menyatakan kualitas produk mereka, dan yang penting adalah garansi dari vendor tersebut. Dengan terendam lebih dari 30 menit berarti itu diluar tanggung jawab dari vendor smartphone. Ya, mengingat telepon genggam ataupun tablet tidak dirancang untuk mengapung, terendam air, apalagi terkena bahan kimia cair. Proteksi ini dirancang untuk keperluan yang “mendesak” dan tidak dapat dihindari dengan kedalaman dan kurun waktu sesuai dengan spesifikasi yang tercantum. 

Untuk informasi lebih lanjut tentang standar IP kode ini bisa Anda lihat dokumen nomor 60529 yang dikeluarkan oleh International Electrotechnical Commission (IEC).
Itulah uraian singkat tentang Standar Proteksi IP58 dan IP68 pada Smartphone dan Tablet yang mungkin selama ini Anda belum mengetahuinya, semoga bermanfaat.

Sumber :
http://ashimima.com/ketahui-standar-proteksi-ip58-dan-ip68-pada-smartphone/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar